Klik !

Narkoba

Taau dong yaa apasih Narkoba itu ? Obat terlarang ! segitu aja taau nya ? sbg remaja , walopun kita ga ‘make’ barang itu , tapi tetep loh kita harus taau apasih itu, gimana cara makenya, apa bahayanya, danlain-lain. Tau knp ? yaa kan siapa tau aja nanti ada orang aneh yang niat mau nipu kiita supaya kita gampang bgt nerima narkoba yang kita ga tau bentuknya gmn . nahloh .. takut kan ? maka nya , yuk kenalan sama yang namanya narkoba. Supaya kita tau apa ajasih bahaya narkoba buat kitaaaa… cekidoooooot !!!

Narkoba (singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya) adalah bahan/zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 22 tahun 1997). Yang termasuk jenis Narkotika adalah :

• Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.

• Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997). Zat yang termasuk psikotropika antara lain:

• Sedatin (Pil BK), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandarax, Amfetamine, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, Flunitrazepam, Ekstasi, Shabu-shabu, LSD (Lycergic Alis Diethylamide), dsb.

Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistim syaraf pusat, seperti:

• Alkohol yang mengandung ethyl etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan efek yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik jika aromanya dihisap. Contoh: lem/perekat, aceton, ether, dsb.

Jenis Narkoba menurut efeknya

Dari efeknya, narkoba bisa dibedakan menjadi tiga:

1. Depresan, yaitu menekan sistem sistem syaraf pusat dan mengurangi aktifitas fungsional tubuh sehingga pemakai merasa tenang, bahkan bisa membuat pemakai tidur dan tak sadarkan diri. Bila kelebihan dosis bisa mengakibatkan kematian. Jenis narkoba depresan antara lain opioda, dan berbagai turunannya seperti morphin dan heroin. Contoh yang populer sekarang adalah Putaw.

2. Stimulan, merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan serta kesadaran. Jenis stimulan: Kafein, Kokain, Amphetamin. Contoh yang sekarang sering dipakai adalah Shabu-shabu dan Ekstasi.

3. Halusinogen, efek utamanya adalah mengubah daya persepsi atau mengakibatkan halusinasi. Halusinogen kebanyakan berasal dari tanaman seperti mescaline dari kaktus dan psilocybin dari jamur-jamuran. Selain itu ada jugayang diramu di laboratorium seperti LSD. Yang paling banyak dipakai adalah marijuana atau ganja.

Penyalahgunaan Narkoba

Kebanyakan zat dalam narkoba sebenarnya digunakan untuk pengobatan dan penefitian. Tetapi karena berbagai alasan – mulai dari keinginan untuk coba-coba, ikut trend/gaya, lambang status sosial, ingin melupakan persoalan, dll. – maka narkoba kemudian disalahgunakan. Penggunaan terus menerus dan berianjut akan menyebabkan ketergantungan atau dependensi, disebut juga kecanduan.

Tingkatan penyalahgunaan biasanya sebagai berikut:

  1. coba-coba
  2. senang-senang
  3. menggunakan pada saat atau keadaan tertentu
  4. penyalahgunaan
  5. ketergantungan

Dampak penyalahgunaan Narkoba

Bila narkoba digunakan secara terus menerus atau melebihi takaran yang telah ditentukan akan mengakibatkan ketergantungan. Kecanduan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis, karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat (SSP) dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal.

Dampak penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang dipakai, kepribadian pemakai dan situasi atau kondisi pemakai. Secara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang.

Dampak Fisik:

1. Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi

2. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah

3. Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan (abses), alergi, eksim

4. Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti: penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru

5. Sering sakit kepala, mual-mual dan muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur

6. Dampak terhadap kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual

7. Dampak terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid)

8. Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya

9. Penyalahgunaan narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi Over Dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian

 Dampak Psikis:

1. Lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah

2. Hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga

3. Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal

4. Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan

5. Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri

Dampak Sosial:

1. Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan

2. Merepotkan dan menjadi beban keluarga

3. Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram

Dampak fisik, psikis dan sosial berhubungan erat. Ketergantungan fisik akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa (sakaw) bila terjadi putus obat (tidak mengkonsumsi obat pada waktunya) dan dorongan psikologis berupa keinginan sangat kuat untuk mengkonsumsi (bahasa gaulnya sugest). Gejata fisik dan psikologis ini juga berkaitan dengan gejala sosial seperti dorongan untuk membohongi orang tua, mencuri, pemarah, manipulatif, dll.

Bahaya bagi Remaja

Masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa. Perkembangan seseorang dalam masa anak-anak dan remaja akan membentuk perkembangan diri orang tersebut di masa dewasa. Karena itulah bila masa anak-anak dan remaja rusak karena narkoba, maka suram atau bahkan hancurlah masa depannya.

Pada masa remaja, justru keinginan untuk mencoba-coba, mengikuti trend dan gaya hidup, serta bersenang-senang besar sekali. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja.

Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba, para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa.

Apa yang masih bisa dilakukan?

Banyak yang masih bisa dilakukan untuk mencegah remaja menyalahgunakan narkoba dan membantu remaja yang sudah terjerumus penyalahgunaan narkoba. Ada tiga tingkat intervensi, yaitu

1. Primer, sebelum penyalahgunaan terjadi, biasanya dalam bentuk pendidikan, penyebaran informasi mengenai bahaya narkoba, pendekatan melalui keluarga, dll. Instansi pemerintah, seperti halnya BKKBN, lebih banyak berperan pada tahap intervensi ini. kegiatan dilakukan seputar pemberian informasi melalui berbagai bentuk materi KIE yang ditujukan kepada remaja langsung dan keluarga.

2. Sekunder, pada saat penggunaan sudah terjadi dan diperlukan upaya penyembuhan (treatment). Fase ini meliputi: Fase penerimaan awal (initialintake)antara 1 – 3 hari dengan melakukan pemeriksaan fisik dan mental, dan Fase detoksifikasi dan terapi komplikasi medik, antara 1 – 3 minggu untuk melakukan pengurangan ketergantungan bahan-bahan adiktif secara bertahap.

3. Tertier, yaitu upaya untuk merehabilitasi merekayang sudah memakai dan dalam proses penyembuhan. Tahap ini biasanya terdiri atas Fase stabilisasi, antara 3-12 bulan, untuk mempersiapkan pengguna kembali ke masyarakat, dan Fase sosialiasi dalam masyarakat, agar mantan penyalahguna narkoba mampu mengembangkan kehidupan yang bermakna di masyarakat. Tahap ini biasanya berupa kegiatan konseling, membuat kelompok-kelompok dukungan, mengembangkan kegiatan alternatif, dll.

Gimanaaaa ? udah kenalan kaaaaan ? 3:D

Saat Terbaik Berburu Kecepatan Internet

 Di era seperti saat ini di mana internet sudah menjadi bagian dari kehidupan, banyak orang mulai menuntut koneksi yang cepat. Kini, terungkap kapan saat Anda bisa mendapatkannya.

Sebuah hasil riset terbaru menyatakan, kecepatan broadband akan mengalami penurunan kecepatan rata-rata 35% selama ‘jam sibuk’ malam di mana saat itu ada jutaan orang mengakses internet ketika mereka pulang dari kerja.

Studi yang menganalisa data dari dua juta penguji kecepatan broadband di seluruh Inggris mengungkap, terdapat fluktuasi besar antara saat peak dan off-peak. Menurut hasil analisa terbaru ini, waktu terbaik untuk berselancar di internet adalah pukul 02.00-3.00 dini hari.

Pada saat itu, kecepatan unduh rata-rata broadband bisa mencapai 9,6Mbs. Mereka yang mengakses internet pada pukul 19.00-21.00 yang merupakaan saat banyak orang online, akan mendapat koneksi broadband paling lambat dengan kecepatan unduh rata-rata 6,2Mbs.

Menurut data yang diterbitkan situs perbandingan uSwitch, ditemukan variasi regional yang besar dalam kecepatan peak dan off-peak. Pengguna internet di Evesham, Worcestershire, Inggris, mengalami penurunan sebesar 69% dengan kecepatan unduh rata-rata 15,5Mbs dibanding saat malam 4,9Mbs.

Weston-Super-Mare di Somerset melihat adanya penuruan 64% saat off-peak dari 9,5Mbs menjadi 3.4Mbs saat jam sibuk. Sementara di Wadebridge, Cornwall, pengguna web dihadapkan dengan penurunan yang ‘lebih baik’ yakni dari 4,1Mbs menjadi 2,1Mbs saat malam.

Ahli teknologi uSwitch Ernest Doku mengatakan, hanya ada sejumlah kecil pengguna internet yang secara konsisten menikmati broadband dengan kecepatan maksimum yang ditawarkan penyedia.

“Hal ini benar-benar mengejutkan mengetahui betapa besar fluktuasi kecepatan unduh pada saat-saat yang berbeda dalam satu hari di mana terjadi penurunan hampir 70% di beberapa daerah di Inggris,” katanya.

Penelitian ini bisa membantu memberi titik terang mengapa banyak konsumen yang yakin telah mendaftar untuk mendapat kecepatan broadband tertentu menjadi bingung dan tak pernah benar-benar merasa mendapat koneksi yang cukup cepat, lanjutnya

“Meski para penyedia bekerja keras mengningkatkan infrastruktur broadband, masih ada jalan panjang di depan untuk memastikan tiap orang bisa menikmati layanan yang jauh lebih konsisten,” katanya.

Doku menyarankan pada para pengguna broadband untuk melakukan tes kecepatan broadband online untuk memastikan mendapat paket terbaik untuk daerahnya.

10 Superhero di Dunia Nyata

 Superhero biasanya memiliki kemampuan khusus entah itu kekuatan fisik, psikis ataupun kecepatan gerak, yang kita tahu biasanya superhero itu ada di dalam film dan komik, tetapi sebenarnya ada juga superhero yang hidup di dunia nyata, seperti Ben Underwood yang merupakan daredevil di dunia nyata, yang bisa melihat hanya dengan mendengarkan echo dan suara resonansi seperti seekor lumba lumba, ingin tahu kisah lengkap mengenai superhero di dunia nyata?? 1. Melihat tanpa Mata – Daredevil

Ben Underwood telah membiasakan dirinya untuk mendengarkan lokasi echo untuk memudahkannya berjalan dan melihat, dia buta, kedua matanya menjadi buta akibat kanker, dia telah menjadi buta sejak usia 3 tahun, tetapi dia bisa melakukan sesuatu yang luar biasa, dia adalah daredevil di dunia nyata, dia bisa melihat dunia melalui suara 2. Manusia Kebal Dingin – Iceman

Seorang pria asal belanda Wim hof juga dikenal sebagai iceman, dia bisa berenang di air es dan berdiri di dalam bak yang berisi es, dia juga memanjat Mt. Blanc yang amat sangat dingin hanya dengan bercelana pendek, dia memecahkan rekor dunia dan selalu tertantang untuk membuat rekor selanjutnya..

Para Ilmuwan tidak bisa menjelaskan fenomena yang terjadi kepada pria ini, tetapi pria berusia 48 tahun ini mampu untuk bertahan pada temperatur yang sebenarnya fatal untuk keselamatan orang normal

3. Anak dengan Otak Ultra Cepat

Daniel Tammet adalah seorang sarjana autis, dia dapat menghitung kalkulasi secara matematika dengan kecepatan yang luar biasa, tammet dapat mendeskripsikan bagaimana dia melakukannya di otaknya, dia mengatakan setiap angka sampai 10.000 mempunyai bentuk dan feel tersendiri yang memungkinkannya bisa “melihat” hasil dari kalkulasi sebagai suatu gambaran. dia telah menjelaskan gambaran visualnya tentang angka 289 sebagai angka jelek, dan 333 sebagai angka yang atraktif dan pi sebagai angka cantik.

Dia juga mempunyai kemampuan linguistik, dia mampu untuk mempelajari bahasa baru dengan amat sangat cepat, untuk membuktikannya tammet ditantang oleh Channel Five Documentary untuk mempelajari bahasa islandia dalam satu minggu, sebuah bahasa yang memiliki reputasi sebagai salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari

4. Wanita yang tidak bisa lupa

“Kalender Manusia” itulah nama panggilan yang dipanggil kepada wanita yang mengontak UC Irvine Neurobiologist Jim McGaugh 6 tahun lalu dan berkata “Saya punya masalah, saya mengingat terlalu jelas” itulah cerita dari AJ seorang wanita super berusia 40 tahun yang mampu mengingat apa saja.

McGaugh dan rekan peneliti UCI Larry Cahill dan Elizabeth Parker telah mempelajari kasus unik dari orang yang “Otomatis mengingat tanpa henti” kenangan dari sejarah pribadinya dan kejadian publik yang tidak terhitung, jika anda mengambil sebuah tanggal secara acak 25 tahun yang lalu dan menanyakan kepada dia, dia akan selalu menjelaskan dengan detil apa yang terjadi kepadanya hari itu dan jika ada topik berita yang signifikan yang membuatnya tertarik dia selalu dapat mengingat hari apa itu dan bagaimana cuaca yang terjadi saat itu.

Wanita yang berinisial AJ ini sangat spesial sehingga UCI memberikan nama khusus pada kasusnya di dalam Journal Neurocase sebagai hyperthymestic syndrome

5. Manusia yang menggerakkan objek dengan pikirannya – Magnet Man

Miroslav Magola si manusia magnet menentang hukum gravitasi dengan kemampuan khususnya. dengan mengaplikasikan tenaga psiko kinesis dia dapat mengangkat apa saja benda benda dari metal hingga patung marble, dan memindahkannya ke udara melalui tubuhnya dan kemudian membuat sebuah kekuatan untuk memaksa benda itu tetap berada disana – singkatnya menggunakan kekuatan pikiran.

Miroslaw telah mengembangkan kemampuannya untuk memanipulasi benda mati di udara untuk mengikuti kemauannya bahkan bisa membuat mereka berputar putar dan bergoyang, Kekuatan mentalnya sangat stabil sehingga dia bisa melompat saat sebuah benda sedang menempel di kepalanya tanpa kehilangan konsentrasi.

Miroslaw menjelaskan bagaimana dia menggunakan kekuatan psikokinetiknya kepada sebuah benda mati “ini bisa terjadi karena saya mengisi tubuh saya dengan energi dan saya menghubungkannya dengan itu dan pada waktu yang sama saya ingin objek tersebut terbang”

Sampai saat ini miroslaw telah menjalani beberapa test terkait dengan kemampuan khususnya dan sampai saat ini belum ada penjelasan logis dari ilmu pengetahuan konvensional tentang kasusnya

6. Wanita yang dapat tertawa dengan volume 110 Decibels

Jittarat Wongsomboon, wanita berusia 55 tahun asal thailand ini bisa tertawa dengan tingkat kebisingan suara sekitar 110 desibel, kedengarannya memang aneh tetapi ini kenyataan, pada 5 juli 2008, dia berpartisipasi dalam kontes tertawa yang diadakan oleh Ripley’s International Laughing Contest di Pattaya Thailand, dan berhasil memenangkan kompetisi aneh ini dengan tertawa selama 12 menit 26 detik dan mencapai tingkat suara 110 desibel

7. Biksu yang menghasilkan Energi Panas Ajaib dari Tubuhnya

Para ahli telah mempelajari tentang biksu budha selama lebih dari 20 tahun untuk mencari tahu bagaimana mereka melakukannya.. dengan menggunakan tehnik meditasi yang disebut tum mo. biksu ini dapat menurunkan kadar metabolisme tubuhnya sebesar 64 persen, sebagai pembanding di saat anda tidur kadar metabolisme dalam tubuh akan berkurang sebanyak 10 hingga 15 persen.. jauh lebih hebat dari ini, biksu biksu ini juga bisa meningkatkan temperatur dari jari jari mereka sebanyak 17 derajat. tidak ada yang tahu bagaimana caranya..

8. Manusia Kebal Rasa Sakit

Tim Cridland adalah seorang entertainer yang juga merupakan anggota kelompok sirkus rose, keahliannya adalah menelan pedang, berjalan di atas api, tidur diatas kasur paku (bahkan pernah dengan dilindas mobil toyota), tusuk badan dan juga menyetrum dirinya sendiri, tim mengatakan dia bisa melakukan ini semua karena dia telah menguasai ilmu mengendalikan pikiran.. namun para peneliti mengatakan bahwa tim lahir dengan sebuah mutasi yang menyebabkan dia tidak bisa merasakan sakit sebagaimana orang lain bisa merasakan sakit.

Secara singkat tim tidak bisa merasakan sakit akibat tidak berfungsinya sel saraf receptor yang menyampaikan rasa sakit ke otak

9. Pria yang dapat Tepuk tangan Sekeras Helikopter

Seorang pria cina yang dapat menepuk tangannya sekeras suara helikopter berharap untuk masuk ke buku rekor dunia, Zhang Quan berumur 70 tahun dari Chongqing city. tepukan tangannya di ukur dapat mencapat 107 desibel, sekitar 3 desibel lebih rendah dari suara baling baling helikopter yang sebesar 120 desibel.. Seorang pekerja dari perlindangan lingkungan mengatakan, Zhang dapat ditahan akibat polusi suara jika dia menepuk tangan terlalu sering..

10. Pria pemakan Segala

Pria ini dapat memakan apapun termasuk bahan bahan metal, kaca dan bahkan bahan bahan beracun sekalipun, Perut dari Michel Lolito ini tebalnya dua kali lipat dari orang normal..

Lolito tidak menderita penyakit apapun setelah dia memakan bahan bahan beracun sekalipun.. Lolito juga masuk ke Guiness Book of Record disaat dia memakan sebuah pesawat terbang yang dihabiskannya selama dua tahun.. mulai dari 1978 hingga 1980.

Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.